Oktober 08, 2015

Adab Menuntut Ilmu Dari Habib Abubakar Assegaf Gresik

Assalamualaikum,

HABIB AL QUTHB ABUBAKAR BIN MUHAMMAD BIN 'UMAR AS SEGGAF (ADAB MENUNTUT ILMU)



Dalam hal adab ketika menuntut Ilmu beliau ra berkata: "Saat ini aku jarang melihat santri-santri atau siswa madrasah yang menghargai Ilmu.



Banyak aku lihat mereka membawa Mushaf atau Kitab-Kitab Ilmu yang lain dengan cara tidak menghormatinya, menenteng atau membawa di belakang punggungnya.



Lebih dari itu mereka mendatangi tempat-tempat pendidikan yang tidak mengajarkan kepada anak-anak kita mencintai Ilmu tapi mencintai nilai semata-mata.



Mereka diajarkan pemikiran para filosof dan budaya pemikiran orang-orang yahudi dan nashrani.

Apa yang akan terjadi dengan generasi remaja masa kini ? ini tentu adalah tanggung jawab bersama.



Habib Ali (Al Habib Ali Al Habsyi Shohib Simtudduror) juga pernah merasakan kekecewaan yang sama seperti yang aku rasakan.



Padahal di zaman beliau aku melihat kota Seiwun dan Tarim sangat makmur, bahkan negeri Hadhramaut dipenuhi oleh para penuntut ilmu yang beradab, berakhlaq, menghargai ilmu dari orang alim. Bagaimana jika beliau mendapati anak-anak kita disini yang tidak menghargai ilmu ?

niscaya beliau akan menangis dengan air mata darah.



Beliau menambahkan bahwa aku akan meletakkan para penuntut ilmu diatas kepalaku dan jika aku bertemu murid yang membawa bukunya (kitaB-) dengan rasa Ta'zim, ingin rasanya aku mencium kedua matanya" (Kumpulan dan Kalam Al 'Arif Billah Al Ghauts Al Quthb Al Habib Abubakar bin Muhammad As Seggaf Gresik)

Page Information Article

Title: Adab Menuntut Ilmu Dari Habib Abubakar Assegaf Gresik

URL: http://edughoni.blogspot.com/2015/10/adab-menuntut-ilmu-dari-habib-abubakar.html

0 komentar:

Posting Komentar

Thank for coming, dont Spam !!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Monetize your site! SPEEDUP Tablet Pad 7 SPEEDUP Tablet Pad 7

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Free Themes n Template
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...