September 21, 2015

Nasehat Diri Imam Al-Ghazali Rahimahullah

Imam al-Ghazali rahimahullah memberi

nasihat agar kita jangan sampai melihat diri kita lebih

baik. Karena

kebaikan yang hakiki adalah dari penilaian

Allah di akhirat kelak dan itu masalah ghaib.

.

Hal itu juga tergantung dengan keadaan bagaimana

keadaan kita waktu meninggal.

Sebab itu, Imam Al Ghazali pun menyampaikan agar

kita memandang pihak lain dengan kacamata

tawadhu (merendahkan diri):

.

-Jika engkau melihat anak kecil, katakanlah dalam

hatimu: "Ia belum pernah bermaksiat kepada Allah.

Sedangkan aku telah bermaksiat. Tidak

diragukan lagi bahwa ia lebih baik dariku.."

.

-Jika engkau melihat orang yang lebih tua

katakanlah: "Orang ini telah beribadah sebelum aku

melakukannya. Tidak diragukan lagi bahwa ia lebih

baik dariku.."

.

-Jika melihat orang alim (pandai), katakan: "Orang ini

telah memperoleh apa yang belum aku peroleh.

Maka, bagaimana aku setara dengannya.."

.

-Jika dia bodoh, katakan dalam hatimu: "Orang ini

bermaksiat dalam kebodohan, sedangkan aku

bermaksiat dalam keadaan tahu. Maka, hujjah Allah

terhadap diriku lebih kuat, dan aku tidak

tahu bagaimana akhir hidupnya dan akhir

hidupku.."

.

-Jika orang itu kafir, katakan: "Aku tidak tahu, bisa

saja dia menjadi Muslim dan akhir hidupnya ditutup

dengan amalan yang baik dan dengan keislamannya

dosanya diampuni. Sedangkan aku,

dan aku berlindung kepada Allah dari hal ini, bisa

saja Allah menyesatkanku, hingga aku kufur dan

menutup usia dengan amalan keburukan.

Sehingga ia kelak termasuk mereka yang dekat

dengan rahmat sedangkan aku jauh darinya.."

.

Sedikit Nasehat Dari Pada Imam Alghazali , semoga

kita bisa berbenah diri dari perkara kesombongan,

ujub, dan bangga diri..

Page Information Article

Title: Nasehat Diri Imam Al-Ghazali Rahimahullah

URL: http://edughoni.blogspot.com/2015/09/nasehat-diri-imam-al-ghazali.html

0 komentar:

Posting Komentar

Thank for coming, dont Spam !!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Monetize your site! SPEEDUP Tablet Pad 7 SPEEDUP Tablet Pad 7

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Free Themes n Template
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...