September 13, 2012

Cara Lain Bersedekah-Mahatma Gandhi

Yuk d baca :)
Hikmah d balik cerita : Cara lain bersedekah



Suatu hari Bpk tua mau bepergian gunakan kereta. Namun krn terburu2, ketika naik, sebelah SEPATUnya tersangkut di pintu & jatuh ke atas rel.

Ia mau mengambilnya tp kereta terlanjur berjalan & tak mungkin mintanya utk berhenti. Namun, ia malah melakukan sesuatu yg tdk lazim.

Si bapak tua dgn tenang lepas sepatu sebelahnya, lalu melemparkannya ke luar tak jauh dari sepatu tadi jatuh.

Kebetulan semua kejadian itu diperhatikan oleh seorang pemuda yg duduk di dlm kereta. Krn merasa penasaran, pemuda itu bertanya langsung pada si bapak tua :
"Salam, Pak. Saya tadi sempat lihat apa yg Bapak lakukan. Boleh saya bertanya sesuatu?"

"Silakan, Nak. Apa yg mau kau tanyakan?" bapak tua.

"Begini, Pak. Tadi Bapak sudah kehilangan 1 sepatu, lalu knp Bpk juga lemparkan sepatu Bpk yg lain? Dgn begitu, bukankah Bpk sekarang tak punya alas kaki."

Si bapak tua itu mlihat pemuda itu sambil tersenyum, lalu menjawab ramah, "Nak, seperti yg sudah kamu lihat tadi, saya sudah kehilangan satu sepatu. Sepatu yg terjatuh tadi mungkin akan ditemukan oleh seseorang & bisa saja dia itu orang yg tak berpunya. Tapi, apakah sepatu yang cuma sebelah itu ada gunanya buatnya? Tdk, kan? Sementara saya sendiri, apakah sepatu yg masih melekat di kaki saya tadi juga masih bermanfaat bagi saya? Tdk juga, kan?"

"Jika saya lemparkan sepatu sebelahnya lagi, kemungkinan besar org yg tadi menemukan sepatu saya akan menemukan pasangannya. Dgn begitu, sepatu itu bisa kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Karena itulah, saya lemparkan sepatu sebelahnya lagi spy org yg nemukannya bisa manfaatkannya dgn baik."

Bpk tua di dlm kisah tadi adalah Mahatma Gandhi. Apa yg dilakukan beliau mengandung sebuah filosofi dasar dlm hidup :)

Smangat...smangat...smangat...
Untuk Hidup Lebih Baik
I <3 you all ({})

Page Information Article

Title: Cara Lain Bersedekah-Mahatma Gandhi

URL: http://edughoni.blogspot.com/2012/09/cara-lain-bersedekah.html

0 komentar:

Posting Komentar

Thank for coming, dont Spam !!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Monetize your site! SPEEDUP Tablet Pad 7 SPEEDUP Tablet Pad 7

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Free Themes n Template
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...